30.5 C
Tulungagung
Sunday, September 8, 2024

Buy now

spot_img

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah 2024 di Hari Pertama

Pelepasan Balon Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah 2024 di Hari Pertama

Hai, Sobat Byntang. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau lebih dikenal dengan MPLS tahun 2024 di SMKN 2 Boyolangu telah dilaksanakan. Berlangsung selama 3 hari dari tanggal 15 Juli s.d 17 Juli 2024 dengan diikuti oleh peserta didik baru yang tergabung dalam kelompok gugus dari berbagai konsentrasi keahlian.

Kegiatan MPLS di hari pertama dimulai dengan apel pembukaan di halaman depan SMKN 2 Boyolangu dan secara virtual dari Dinas Pendidikan Jawa Timur, serta pembukaan ini ditandai dengan pelepasan balon harapan sebagai tanda bagi siswa Byntang untuk melambungkan cita – cita setinggi angkasa. Pantang menyerah dan semangat dalam meraih impian. Pada kegiatan apel ini juga diisi dengan santunan.

Dilanjutkan dengan diisi materi Anti Narkoba dari BNN Tulungagung, materi ini memberikan wawasan dan pengetahuan kepada siswa SMKN 2 Boyolangu tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dan dampak buruk yang dapat ditimbulkan serta meningkatkan kesadaran remaja akan pentingnya dalam menentukan masa depan diri dan bangsa.

Materi selanjutnya diisi oleh Bapak Wijana Bangkit W., SST.Par. selaku Waka Sarana dan Prasarana yang menjelaskan tentang stakeholder, visi, misi dan sejarah SMKN 2 Boyolangu. Sebagai warga Byntang SMKN 2 Boyolangu siswa harus mengetahui letak ruang dan denah sekolah untuk memudahkan kegiatan sehari – hari siswa selama berada di sekolah.

Sebelum ishoma siang, siswa mendapatkan materi tentang Kurikulum Merdeka dan Motivasi Belajar dari Bapak Deny Magna Anugerah, S.Kom. selaku Waka Kurikulum. Merdeka Belajar adalah sebuah program yang digagas oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim sebagai upaya mewujudkan kemerdekaan dalam belajar. Dikatakan merdeka dalam belajar artinya siswa memiliki kebebasan untuk berpikir dan berekspresi. Jadi, bukan berarti siswa tidak perlu belajar lagi, ya. Dengan adanya program Merdeka Belajar ini, pemerintah berharap dapat menghadirkan pendidikan yang bermutu tinggi bagi semua peserta didik di Indonesia.

Semoga kalian siswa baru SMKN 2 Boyolangu dapat mengembangkan kompetensi dan keahlian sesuai bidang kejuruan yang kalian pilih. Tetap, harus dan selalu bersemangat; pantang menyerah dan bersungguh-sungguhlah dalam belajar selama 3 tahun ke depan.

Semakin terik panas siang dan diterpa angin sepoi – sepoi dari tumbuhan rindang di lapangan belakang SMKN 2 Boyolangu, siswa baru mendengarkan kembali materi Tata Tertib Sekolah dan Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan dari Ibu Ribut Suci Astuti, S.Pd. selaku Waka Kesiswaan. Tata tertib sekolah dapat menjadi suatu pedoman bagi perilaku para siswa dan dapat memotivasi siswa untuk dapat berperilaku atau bertindak sesuai dengan harapan sosial. Dengan menaati tata tertib di sekolah, dapat melatih siswa disiplin. Dengan disiplin akan menciptakan suasana sekolah yang aman, tertib dan nyaman bagi seluruh warga sekolah.

Related Articles

FOLLOW US

4,962FansLike
7,562FollowersFollow
1,376FollowersFollow
16,114SubscribersSubscribe
spot_img

Latest Articles